Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sariawan dan Cara Menyembuhkannya

Sariawan dan Cara Menyembuhkannya



Penyebab Sariawan

Sariawan adalah salah satu sebutan umum untuk penyakit Stomatitis aftosa. Sariawan pada mulut sangatlah tidak mengenakan. Hal ini dikarenakan mulut adalah bagian tubuh yang digunakan untuk proses mengunyah atau menghancurkan makanan. Makanan yang hendak dimakan akan melalui mulut untuk dikunyah dan dihancurkan. Sariawan terjadi karena selaput lendir pada mulut yang mengalami luka berbentuk cekung dan berwarna putih kekuningan. Hal ini diakibatkan karena kurangnya asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti Vitamin B12 dan Vitamin C. Selain itu beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya sariawan adalah banyaknya mengkonsumsi makanan pedas. Pedas dalam masyarakat umum sering di kaitkan dengan rasa atau sensasi yang membakar pada mulut dan lidah. Bagi sebagian orang sensasi ini sangatlah menyenangkan sehingga banyak orang yang suka makanan pedas. Sebenarnya pedas tidaklah termasuk dalam rasa pengecap lidah. Pedas sebenarnya adalah sensasi iritasi yang dihasilkan dari senyawa Capsaicin yang terkandung dalam Cabai. Banyak sekali makanan-makanan yang mengandung sensasi pedas, seperti mie jeletot, mie jebew, seblak, makaroni, dan lain sebagainya.

Sariawan juga ternyata dapat disebabkan oleh respon tubuh yang tidak mentolerir produk kesehatan yang tidak cocok dengan tubuh kamu. Dalam hal ini berkaitan dengan produk kesehatan yang digunakan pada mulut, seperti pasta gigi yang tidak cocok, larutan pembersih mulut yang tidak cocok, ataupun bisa disebabkan oleh konsumsi obat-obatan yang tidak cocok dengan mulut kamu.

Selain itu sariawan diakibatkan oleh kebersihan mulut kamu sendiri. Perilaku yang dapat menyebabkan terjadinya sariawan adalah jarang membersihkan mulut, jarang minum, jarang mengkonsumsi buah-buahan.

Nah, diatas adalah penyebab-penyebab terjadinya penyakit sariawan yang terjadi pada mulut. Jika kamu sudah terlanjut terkena penyakit ini, dibawah ini terdapat beberapa tips untuk membantu kamu untuk menyembuhkan sariawan. Yuk kita simak!

Obat Parasetamol dan Mafenamat

Untuk menyembuhkan sariawan kamu dapat menggunakan obat parasetamol atau mafenamat. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan obat kumur.

Pasta berbahan Garam dan Baking Soda

Cara untuk menyembuhkan dengan pasta bisa dilakukan dengan menambahkan bahan lain seperti garam atau baking soda. Kamu cukup mencampurkan pasta dan garam atau baking soda dengan perbandingan 1:1 kemudian di larutkan dengan pelarut air. Setelah bahannya selesai di campurkan, kamu bisa langsung mengoleskannya pada area sariawan di mulut kamu dan menunggunya hingga 10 menit dan membasuhnya dengan air.

Madu dan Pisang

Madu adalah bahan alami yang mempunyai segudang manfaat. Manfaat yang dapat kita ambil dari madu adalah madu sebagai penyembuh sariawan. Madu dapat kamu kombinasikan dengan bahan alami yang lain seperti pisang. Cara membuat campurannya adalah dengan mencampurkan madu dan pisang kemudian di hancurkan dan kemudian kamu dapat mengoleskannya pada area sariawan.

Air kelapa

Tahukah kamu air kelapa adalah air yang punya manfaat yang dapat digunakan untuk meredakan sariawan. Kamu dapat mengkonsumsi air kelapa secara rutin untuk menyembuhkan sariawan kamu.

Daun Jambu

Daun jambu biji dikenal secara umum di indonesia sebagai pereda sakit perut. Akan tetapi daun jambu juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit sariawan. Cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengunyah beberapa daun jambu lalu kemudian di selesaikan dengan cara berkumur.

Yogurt

Yogurt adalah produk makanan yang dihasilkan oleh bakteri baik. Yogurt diketahui dapat menjaga keseimbangan bakteri mulut dan di dalam tubuh. Kamu dapat mengkonsumsi yogurt untuk meredakan sariawan dan pencegahan terjadinya sariawan.

Meminum Vitamin

Sariawan dapat terjadi dikarenakan tubuh yang kekurangan Vitamin. Oleh karena itu, kamu dapat mengkonsumsi vitamin untuk memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh kamu. Vitamin yang dapat kamu konsumsi untuk mencegah ataupun menyembuhkan sariawan adalah Vitamin B, Vitamin C.

Mengkonsumsi Buah

Hal yang dapat kamu lakukan jika kamu sudah terlanjur terkena sariawan adalah dengan mengkonsumsi buah buahan. Buah-buahan yang dapat kamu konsumsi adalah buah-buahan yang tinggi akan kandungan Vitamin C. Vitamin C dapat kamu peroleh dari buah jeruk, tomat dan yang lainnya.

Minyak Kelapa dan Madu

Minyak kelapa bermanfaat sebagai anti bakteri. Kamu bisa menggunakan minyak kelapa untuk dapat menyembuhkan sariawan. Caranya kamu dapat mengkombinasikannya dengan bahan alami lain seperti madu. Bahan campuran tadi kamu dapat langsung mengoleskannya pada area yang sariawan. Hal ini dapat kamu lakukan secara teratur sampai sariawan kamu sembuh.

Bawang Putih dan Pepaya

Bawang putih dan pepaya ternyata dapat digunakan untuk menyembuhkan sariawan. Kamu dapat mengoleskannya langsung pada area yang sariawan pada mulut kamu.

Kunyit

Kunyit dikenal masyarakat umum di indonesia sebagai bahan alami dengan segudang manfaat. Kunyit juga diketahui memiliki manfaat sebagai obat untuk sariawan. Cara menggunakan kunyit untuk mengobati sariawan adalah dengan menghaluskan kunyit dan mencampurkannya dengan satu sendok gliserin dan kemudian dioleskan pada area sariawan.

 

Langkah diatas tentunnya perlu dilakukan secara berulang agar sariawan yang anda alami dapat langsung sembuh. Semoga sariawan anda cepat sembuh.

 

 


Posting Komentar untuk "Sariawan dan Cara Menyembuhkannya"