Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gondongan dan Cara Mengobatinya

Gondongan dan Cara Mengobatinya


Penyakit Gondongan dalam dunia medis dikenal dengan nama Mums atau Parotitis. Gondongan terjadi diakibatkan oleh virus bernama Paramyxovirus. Paramyxovirus dikenal sebagai virus yang menyerang kelenjar ludah yang ada diantara telinga dan rahang. Hal ini menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah. Penyakit gondongan ini mulanya adalah penyakit yang dikategorikan endemik, karena sifatnya dapat menular dari penderita gondongan kepada yang tidak menderita gondongan maka penyakit ini dapat berubah menjadi penyakit epidemik. Nah, jika di lingkungan tempat tinggal kamu ada yang sedang menderita penyakit gondongan ini, maka hindari deh berinteraksi langsung. Kamu gak mau kan tertular penyakit gondongan ini.

Penyakit Gondongan dapat menyerang anak-anak pada rentang usia 2 – 12 tahun. Selain itu penyakit gondongan ini dapat juga menyerang orang dewasa. Penyakit ini biasanya terjadi pada bagian tubuh testis, sistem syaraf pusat, pankreas, prostat, payudara, dan organ tubuh lainnya.

Gejala Gondongan

1.      Gondongan diawali dengan gejala demam yang tinggi pada suhu sekitar (38,5 sampai dengan 40 derajat celcius). Selain itu, pada fasa ini penderita gondongan akan merasakan nyeri pada kepala, nyeri pada otot, nyeri pada rahang bagian belakang pada saat mengunyah, kaku pada rahang serta kehilangan nafsu makan.

2.      Kemudian akan terjadi pembekakan yang terjadi pada kelenjar dibawah telinga (parotis). Pembengkakan akan terjadi secara bertahap mulai dari satu sisi kelenjar kemudian kedua sisi kelenjar akan mengalami pembengkakan.

3.      Pembengkakan akan terjadi pula pada kelenjar yang ada di bawah rahang yang disebut submandila. Selain itu pembengkakan pada bagian bawah lidah yang disebut sebagai sublingual, dan dapat juga terjadi pembengkakan pada testis dengan orang awam menyebutnya buah zakar. Hal ini diakibatkan penyebaran virus penyebab gondongan melalui pembuluh darah.

4.      Pembengkakan akibat penyakit gondongan dapat berlangsung selama tiga hari. Setelah itu dapat berangsur angsur mengempis.

Cara Meminimalisir Gondongan

Anak anak di indonesia biasanya diberikan imunisasi rutin. Bentuk imunisasi yang dilakukan biasanya imunisasi MMR yang memiliki arti (mumps, morbili, rubela). Imunisasi MMR biasanya di berikan pada saat anak berusia pada 15 bulan. Imunisasi MMR ini juga dapat di lakukan pada anak yang sudah menginjak usia remaja bahkan menginjak usia dewasa. Imunisasi ini tidak memberikan efek samping yang membahayakan. Selain melalukan imunisasi kamu juga dapat mengkonsumsi makanan yang beriodium. Biasanya iodium di campurkan pada garam konsumsi. Garam yang beriodium dapat meminimalisisr kamu terkena penyakit gondongan.

Dibawah ini adalah cara untuk meminimalisir penyakit gondongan:

1.      Untuk dapat meminimalisir penyakit gondongan kamu dapat mengurangi aktivitas yang berat. Kemudian kamu dapat melakukan istirahat yang cukup.

2.      Kamu dapat mencukupi asupan gizi dan nutrisi kamu dengan mengkonsumsi makanan sehat serta buah-buahan yang mengandung anti oksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh kamu.

3.      Kamu dapat mencoba mengkonsumsi habbatussauda dan propolis yang diketahui mengandung anti oksidan tinggi.

4.      Jika kamu sudah terlanjur terserang penyakit gondongan kamu dapat mengkonsumsi susu beruang atau susu murni.

5.      Selain itu kamu dapat mngolesi bagian gondongan dengan minyak zaitun.

6.      Memperbanyak minum air putih.

Demikianlah artikel mengenai Gondongan dan Cara Mengobatinya. Semoga artikel ini memberikan manfaat pengetahuan untuk kamu ya…. 

Posting Komentar untuk "Gondongan dan Cara Mengobatinya"