Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Demam dan cara Menyembuhkannya

 Demam dan cara Menyembuhkannya

Demam adalah suatu penyakit akibat dari rangsangan imun tubuh menurun, tubuh memberikan respon berupa demam. Demam sering kali di alami oleh anak anak, akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa orang dewasa pun dapat terkena demam. Gejala demam biasanya diawali dengan rasa sakit dari kepala. Saat kamu masih tinggal dengan orang tua mungkin orang tua kamu akan sigap menangani kamu apabila terjadi demam, namun berbeda dengan orang yang merantau karena bekerja ataupun merantau karena menuntut ilmu. Kamu harus selalu sigap dalam menangani demam ini.

Menyembuhkan demam

Kamu yang saat ini tinggal sendiri dan sedang terserang demam, berikut ini adalah cara untuk menyembuhkan demam.

1.      Mengkonpres dahi dengan kain basah hangat

Mengkonpres adalah cara yang banyak dilakukan dan banyak diketahui dapat menurunkan demam. Kamu dapat menggunakan kain atau busa spon yang kamu basahi dengan menggunakan air yang hangat. Kemudian kain atau spon yang telah kamu basahi dengan air hangat tadi kamu letakan pada dahi atau dada, atau bisa juga kamu letakan pada perut kamu. Kegiatan mengkompres pada saat kamu demam ini dapat kamu lakukan berulang hingga suhu tubuh kamu turun.

2.      Mandi dengan air yang hangat

Beberapa orang mungkin akan menyarankan kamu untuk tidak mandi jika terserang demam. Akan tetapi kamu masih bisa kok untuk melakukan mandi, caranya adalah mandi dengan air hangat. Mandi dengan air hangat dapat membuat tubuh anda menjadi segar.

3.      Membuat suhu ruangan tetap sejuk

Pada saat kamu mengalami demam suhu yang panas diketahui tidak baik untuk kamu. Hal ini dikarenakan suhu yang panas ternyata akan membuat tubuh kamu yang terserang demam akan semakin tinggi suhunya. Kondisi ruangan kamu yang tetap sejuk akan membantu tubuh kamu menurunkan suhu demam. Sehingga kamu dapat pulih dengan cepat.

4.      Mengolesi kaki menggunakan bawang putih

Bawang putih merupakan rempah atau bumbu dapur yang diketahui memiliki senyawa antioksidan. Beberapa literatur menyebutkan bahwa bawang putih dapat digunakan untuk menurunkan suhu tubuh. Caranya adalah dengan menghancurkan bawang putih menjadi halus kemudian dicampurkan dengan minyak kelapa, dan dioleskan campuran tadi pada bagian kaki kamu. Tunggu semalaman hingga suhu tubuh kamu menurun.

5.      Beristirahat yang cukup

Pada saat kamu terserang demam yang suhunya tidak membuat kamu terasa panas, kamu dapat melakukan istirahat. Istirahat yang cukup akan memberikan tubuh kamu untuk meningkatkan daya tahannya terhadap demam yang kamu alami.

6.      Meminum Obat Pereda Demam

Jika demam yang kamu alami terasa sangat menyiksa karena suhu yang amat tinggi, kamu dapat mengkonsumsi obat pereda demam untuk menurunkan suhu tubuh kamu. Obat yang dapat kamu beli dan konsumsi adalah parasetamol. Obat ini dapat kamu beli di warung terdekat dengan rumah atau kosan kamu.

Apabila suhu tubuh kamu malah tidak kunjung turun alangkah sangat bijaksana jika kamu langsung berobat ke dokter. Demam adalah respon akibat daya tahan tubuh kamu menurun atau bisa terjadi karena kamu terserang penyakit yang lain.

 

Demikianlah artikel mengenai Demam dan cara Menyembuhkannya. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untk pembaca….

 

 

Posting Komentar untuk "Demam dan cara Menyembuhkannya"