Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Chikungunya dan Pengobatannya

Chikungunya dan Pengobatannya

Asal Penyakit Chikungunya

Chikungunya adalah penyakit yang termasuk dalam kategori penyakit endemik. Chikungunya disebabkan oleh sebuah virus yang bernama Togaviridae. Virus Togaviridae termasuk dalam genus Alphavirus. Virus ini ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Chikungunya digolongkan dalam penyakit yang tidak mematikan. Chikungunya adalah penyakit yang muncul pertama kali di Tanzania, Afrika Timur pada tahun 1952. Chikungunya sebutan penyakit dari bahasa Swahili yang memiliki arti, “ bungkuk dan perubahan bentuk”. Hal ini sesuai yang dialami oleh orang yang terserang penyakit chikungunya, biasanya akan membungkuk akibat dari nyeri yang hebat pada persendian.

Gejala Chikungunya

Gejala yang timbul jika orang terkena penyakit chikungunya adalah munculnya gejala demam yang tinggi, sakit perut, mual, muntah, sakit kepala, sendi nyeri dan nyeri otot. Selain itu munculnya bintik-bintik merah pada badan dan tangan dapat menjadi tanda gelaja yang timbul akibat terserang penyakit chikungunya. Gejala tersebut mirip dengan gelaja demam berdarah. Akan tetapi pada penyakit chikungunya tidak menimbulkan kematian, maupun pendarahan hebat. Chikungunya memiliki masa inkubasi selama dua sampai empat hari, dan manifestasinya sampai dengan tiga sampai sepuluh hari.

Mengobati Chikungunya

Chkungunya dalam beberapa artikel disebutkan belum ada obat maupun vaksin yang secara khusus untuk menyembuhkan penyakit ini. Orang yang terkena penyakit chikungunya akan dianjurkan untuk mngkonsumsi obat simptomatik (meredakan gejala), seperti untuk meredakan gejala panas dan pereda rasa sakit. Kemudian akan dianjurkan untuk melakukan istirahat yang cukup, serta makan dan minum bergizi. Virus penyebab chikungunya akan mati dengan sendirinya atau dikategorikan dalam virus self limiting disease. Akan tetapi nyeri akibat virus ini akan tetap dirasakan dalam beberapa minggu.

Orang yang menderita penyakit ini dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Dalam proses penyembuhan menkonsumsi jus dari buah- buahan merupakan langkah yang tepat karena jus dari buah buahan dapat memberikan asupan vitamin yang digunakan oleh tubuh. Vitamin yang dikonsumsi dari dari buah buahan dapat secara langsung memingkatkan daya tahan tubuh. Jika hal ini rutin dilakukan, secara berangsur dari hari ke hari penderita chikungunya akan merasakan demam yang mereda, kemudian rasa nyeri yang ada pada persendian dan otot akan mereda dan sembuh seperti sedia kala.

Mencegah Chikungunya

Mencegah chikungunya mudah untuk dilakukan. Pencegahan penyakit chikungunya adalah dengan mematikan sumber pembawa penyakit ini yaitu dengan mematikan nyamuk Aedes Aegypti. Cara mematikan nyamuk Aedes Aegypti adalah dengan tidak menyediakan genangan air untuk nyamuk ini dapat berkembang biak. Jika dirumah kamu terdapat beberapa hiasan yang ada genangan airnya seperti vas bunga, dan bak-bak penampung air lain, kamu dapat menutupnya dengan rapat agar nyamuk Aedes Aegypti tidak dapat berkembang biak didalamnya. Selain itu nyamuk juga menyukai tempat yang lembab dan gelap. Hal ini dapat kamu buktikan dengan menggantungkan baju kotor anda berhari-hari pasti akan ada nyamuk yang hinggap disana dan melakukan aktivitasnya sebagai nyamuk wkwkwkkwk. Kamu yang hidup sehat dan bersih dirumah pastinya terhindar dari penyakit chikungunya. Hal ini disebabkan pola hidup bersih kamu meminimalisir nyamuk untuk dapat berkembang biak. Jika nyamuk Aedes Aegyptisudah terlanjur berkembang biak dirumah kamu, maka pencegahan yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengasapi rumah kamu, teknik pengasapan ini disebut Fogging.

Pencegahan selanjutnya adalah kamu dapat menguras bak mandi kamu dan rutin membersihkannya. Hal ini bisa kamu lakukan juga pada wadah-wadah yang kamu pakai untuk menyimpan air. Waktu yang dapat kamu gunakan untuk membersihkan wadah wadah ini adalah dengan seminggu sekali. Hal ini harus dilakukan secara konsisten agar nyamuk tidak mudah untuk mendapatkan tempat berkembang biak didalam rumah kamu.

Pencegahan selanjutnya adalah dengan memastikan lingkungan di rumah kamu bersih dan tidak ada wadah wadah penampung air yang terbuka. Ketika kita menciptakan lingkungan yang tidak ideal untuk nyamuk Aedes Aegypti dapat berkembang biak, maka kita dapat terhindar dari penyakit chikungunya.

 

Demikianlah artikel mengenai Chikungunya dan Pengobatannya. Semoga bermanfaat ya…

 

 

 

Posting Komentar untuk "Chikungunya dan Pengobatannya"