From the Blog

Mau Tahu Seputar Info HIV AIDS, Coba Tanya Marlo

Mau Tahu Seputar Info HIV AIDS, Coba Tanya Marlo

Mau Tahu Seputar Info HIV AIDS, Coba Tanya Marlo. Beberapa tahun lalu, saya pernah menonton sebuah pentas teater di salah satu kampus di Jakarta. Pentas tersebut mementaskan sebuah perjalanan dua keluarga dengan dua latar di atas panggung yang mengalami keretakan pada pertengahan jalan dalam keluarga itu. Dua keluarga tersebut secara bersamaan di tempat yang beda […]

Kabar Hari Ini

Kabar Hari Ini

Kudengar kabar hari ini Bahwa angin enggan berembus Matahari meminang sinarnya sendiri Tak rela ia biaskan pada bumi Sebab kau. Sebab kau yang memintanya. Kudengar kabar hari ini Senja sore nanti, Ia tak akan memamerkan warnanya Sebab ia malu Pada warna yang merona Di antara lekuk bibirmu Dan dua matamu. Kabar tentang hujan hari ini […]

Menjelajahi Beragam Tanah di Museum Tanah Bogor

Menjelajahi Beragam Tanah di Museum Tanah Bogor

Menjelajahi Beragam Tanah di Museum Tanah Bogor. Kalau kamu punya sesuatu sangat berharga, kamu menyimpannya di mana? Di hati, ingatan, atau hanya sekadar disimpan di tempat yang biasa saja?! Atau mau disimpan di museum? Nah, museum itu tidak hanya menyimpan benda-benda kuno loh, tapi di sana juga menyimpan beragam ingatan tentang pengetahuan dan sejarahnya. Salah […]

Antara Melaka dan Indonesia

Antara Melaka dan Indonesia

Antara Melaka dan Indonesia. Apa yang pertama terlintas dalam pikiran teman-teman ketika mendengar kata Melaka, emmm… pasti sebuah lagu atau nyanyian lama, kan?! Saya pun demikian. Tapi tak hanya itu. Melaka memiki sejarah panjang di antara kota lainnya di Malaysia. Salah satunya, Melaka merupakan kota atau provinsi tertua di antara kota-kota lainnya. Melaka juga banyak […]

Mengekalkan Senja di Genting, Malaysia

Mengekalkan Senja di Genting, Malaysia

Mengekalkan Senja di Genting, Malaysia. Sore itu, rintik hujan tak hanya membasahi jalanan yang begitu bekelok. Kabut tipis pun senantiasa menemani basahnya sore di antara keringat basah para pengunjung sebuah pusat perbelanjaan yang berdiri di atas ketinggian 1000 mdpl di Genting, Malaysia. Pusat perbelanjaan tersebut sangat ramai oleh pengunjung sembari menunggu senja lewat celah kaca […]

Pesona Eropa di Tengah-tengah Malaysia

Pesona Eropa di Tengah-tengah Malaysia

Pesona Eropa di Tengah-tengah Malaysia. Sejak dulu, Eropa selalu nyentrik dengan daya tariknya yang tak habis-habis. Terbutki, benua biru tersebut tak hanya menarik untuk dikunjungi, tapi untuk mencari inspirasi bagi sebagian seniman dan sastrawan pada zaman dulu. Sudah banyak bukti bahwa Eropa selalu melahirkan pesona yang seakan sebuah telaga di tengah terik padang pasir yang […]

Pertemuan Sunyi

Pertemuan Sunyi

Aku dan kamu Lahir dari rahim sunyi dan sepi Lewat celah rindu Kita besar di antara senja yang baru Kau mungkin tak tahu Senja yang menjadi doa Sekejap pilu sore itu Ia malu pada warna Yang bersarang di matamu Tapi aku tahu Kau merayu senja itu Merekamnya dalam ingatanmu Lalu kau katakan padaku: Senja itu […]

Pagar Ilalang

Pagar Ilalang

Rumah yang kita bangun itu Kini tak lagi kau singgahi Hujan pun telah berubah Menjadi musim sepi dan kesepian Menunggu pintu terbuka Dan membawa kenangan masuk Tapi, kau menutupnya Dengan rindu yang kering Sedang rerumputan di halamannya, Kian tumbuh menjadi ingatan Tentang jendela yang kini lusuh Aku melihat halamannya kian gersang Oleh risau yang pernah […]

Ngisi Waktu Kosong dengan Kuota Gratis, Emang Bisa?

Ngisi Waktu Kosong dengan Kuota Gratis, Emang Bisa?

“Kamu main apa, sih. Serius amat.” “Main game tapi dapat kuota gratis.” “Emang ada?” “Ada, dong!” … Percakapan singkat di atas terjadi ketika saya sedang iseng main game dan teman di samping saya nanya. Kok asyik banget kayanya, tuturnya. Saya jawab kalo ini bukan game biasa. Ini game yang membuat kita #dapetin banyak keuntungan. Salah […]

Rumah Ingatan: Rumah yang tak pernah Kosong

Rumah Ingatan: Rumah yang tak pernah Kosong

Membaca puisi seperti menyeberangi sebuah jembatan gantung yang begitu panjang pada ketinggian yang lumayan tinggi. Sang pembaca akan dipenuhi perasaan yang berbeda, mulai dari ragu, khawatir, cemas, deg-degan, bahkan membawa sang pembaca pada puncak emosi yang kadang tidak disangka. Puisi membuat sang pembaca terbuai oleh keindahannya, tergetar oleh daya magisnya, dan tergerus oleh emosi yang […]