Museum Tanah Indonesia
Museum Tanah Indonesia

Menjelajahi Beragam Tanah di Museum Tanah Bogor. Kalau kamu punya sesuatu sangat berharga, kamu menyimpannya di mana? Di hati, ingatan, atau hanya sekadar disimpan di tempat yang biasa saja?! Atau mau disimpan di museum? Nah, museum itu tidak hanya menyimpan benda-benda kuno loh, tapi di sana juga menyimpan beragam ingatan tentang pengetahuan dan sejarahnya. Salah satunya Museum Tanah Indonesia.

Pengunjung Museum
Pengunjung Museum tengah Menyaksikan beberapa koleksi Museum Tanah Indonesia.

Gedung Museum Tanah Indonesia ini sudah dibangun sejak tahun 1880 dan dipakai sebagai laboratorium untuk perluasan pengetahuan tentang tanah atau Laboratorium Voor Agrogeologie en Grond Onderzoek pada tahun 1905. Kebayang, kan betapa sarat akan sejarah gedung tersebut.

Museum Tanah ini terletak di Bogor, Jawa Barat dan lokasinya mudah dijangkau. Berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda No. 98, hanya sekali naik angkutan umum dari stasiun kereta Bogor atau bisa juga ditempuh dengan jalan kaki bagi kalian yang suka berpetualang.

Lalu, apa yang terdapat di museum itu? Jawabannya, Banyak. Pada 5 Desember lalu, saya dan beberapa teman berkunjung ke sana menikmati berbagai koleksi tanah beserta sejarah dan pembentukannya. Ternyata seru, lho! Di sana kita bisa menyaksikan koleksi berbagai jenis tanah dari seluruh daerah yang ada di Indonesia.

Selain itu, Indonesia ternyata adalah negara yang paling kaya akan keragaman jenis tanahnya. Hal itu dibuktikan dengan Ordo yang dimiliki oleh tanah kita, yaitu 10 dari 12 Ordo yang terdapat di dunia ada di Indonesia, keren kan?! Dan kerennya lagi, Museum Tanah Indonesia ini menjadi Museum Tanah terbaik di Asia. Wow!

 

Fasilitas dan Koleksi

Museum Tanah selain menyajikan beragam koleksi antara lain jenis-jenis tanah, batu yang terbuat atau proses menjadi tanah, di sana juga terdapat ruang multimedia. Ruang itu menampilkan berbagai informasi tanah dalam bentuk digital atau biasa disebut ruang yang mengabulkan segala jenis permintaan (tentang tanah).

Beberapa koleksi museum tanah
Beberapa koleksi Museum Tanah Indonesia.

Museum Tanah ini sudah diluncurkan pada 5 Desember 2017 dan setiap hari selalu ramai oleh pengunjung. Museum dibuka pada hari Senin-Jumat (09.00-16.00 IB) dan Sabtu, Ahad, dan hari besar lainnya tutup. Fasilitas yang disediakan antara lain, Musala, toilet, dan tempat parkir yang luas. Udaranya juga sejuk dan segar.

Koleksi lainnya berupa mikro monolit tanah yang diambil dari seluruh pelosok tanah air, Peta Sumber Daya Lahan, Batuan Induk, Mesin Cetak Peta, Biodiversitas Organisme Tanah, dan koleksi lainnya yang bisa kita nikmati langsung di beberapa ruang di sana. Oh, iya, di sana juga ada Ruang Galeri, loh yang memajang koleksi tambahan seperti ruang geleri mesin-mesin, photo booth bagi pengunjung, ruang koleksi perpustakaan, ruang sinema, dan ruang multimedia.

Museum Tanah ini dikelola oleh Pustaka Kementerian Pertanian bekerja sama dengan Konsil Pustaka dan Balai Besar Sumber Daya Lahan Pertanian (BBSDLP). Nantinya, museum ini akan dijadikan sebagai Museum Tanah dan Petanian bertaraf Internasional. Oleh karena itu, #Ayokemusuemtanah.

 

Zona Instagramable

Biasanya, anak melenial itu jika datang ke suatu tempat pasti yang pertama dicari adalah tempat untuk berfoto ria. Nah, di Museum Tanah selain kita mendapatkan berbagai jenis pengetahuan tentang tanah, terdapat beberapa tempat yang keren untk dijadikan tempat berfoto. Salah satunya di belakang gedung utama. Gedung utama dengan gaya bangunan bercorak Eropa itu sangat pas untuk diabadikan dalam beberapa foto. Jadi, kalau datang ke Museum Tanah, tidak cukup jika belum berfoto di belakang gedung utama itu.

Zona Instagramable di Museum Tanah
Zona Instagramable di Museum Tanah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here