HUT 70 RI

Adalah sekelompok pegiat seni dan sastra yang tergabung dalam Komunitas Ranggon Sastra memiliki cara tersendiri dalam memperingati dan merayakan Hari Ulang Tahun 70 Negara Republik Indonesia (HUT 70 RI). Sebuah upacara sederhana dan bersahaja diadakan di sebuah taman di pinggir jalan raya, tepatnya di Taman Ranco Indah, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Upacara tersebut terbuka untuk siapa saja yang ingin berpartisipasi dalam memperingati dan merayakan hari kemerdekaan Indonesia yang ke 70 tahun.
Pada upacara tersebut dihadiri oleh beberapa anggora (sebutan untuk anggota Komunitas Ranggon Sastra) dan pegiat seni lainnya. Uniknya, upacara sederhana tersebut menggunakan alat seadanya dan sewajarnya. Mulain dari tiang bendera yang menggunakan pohon yang tegak berdiri di taman tersebut dan tali untuk mengerek bendera pun menggunakan tali rafia yang sengaja dibuat untuk memperingati upacara tersebut. Peserta, pemimpin, dan inspektur upacara pun memakai pakaian bebas dan sopan menurut adat seni kelompok seni tersebut. Unik, bukan!
Upacara sederhana tersebut dimulai tepat pukul 09.00 WIB dengan pembacaan basmalah yang puitis dan dramatis. Pembacaan teks Proklamasi dan teks lainnya seperti teks Pancasila, Pembukaan Undang-undang 1945 juga dibaca dengan vokal yang lantang seperti pada saat membaca puisi di atas panggung.
Komunitas Ranggon Sastra adalah sebuah komunitas seni yang memiliki beberapa divisi dalam mengembangkan dinamika seni dan sastra di Indonesia. Komunitas ini untuk ketiga kalinya mengadakan dan merayakan upacara bersama warga sekitar. Tahun sebelumnya diadakan di daerah Kampung Tengah Jakarta Timur.
Pada hari ini komunitas tersebut telah mengibarkan dan mengobarkan semangat baru untuk keberlangsungan seni dan sastra di komunitas tersebut dan untuk Indonesia. Kita tahu bahwa Indonesia lahir dari sebuah puisi yang diikrarkan menjadi sebuah sumpah pemuda beberapa tahun sebelum Indonesia merdeka. Oleh karena itu, anggora yang hadir pada upacara sederhana tersebut adalah bentuk apresiasi dan penghormatan terhadap pahlawan dan sastrawan yang telah membawa bangsa Indonesia ke gerbang kemerdekaannya. Merdeka!!!

Jakarta, 170815

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here