IMG-20160806-WA0012
foto tim #KelasBlogger

Laut selatan identik dengan dunia mistik dan mitos yang masih menjadi misteri dalam kepercayaan masyarakat sampai saat ini. Salah satu mitos yang masih menjadi kepercayaan adalah ratu pantai selatan atau dikenal dengan sebutan ratu kidul atau Nyai Roro Kidul. Nama Roro Kidul menjadi sebuah legenda yang memiliki beragam anggapan kepercayaan bagi masyarakat setempat bahkan masyarakat Indonesia. Salah satu yang menjadi tapak tilas ratu pantai selatan tersebut adalah Palabuhan Ratu atau Pelabuhan Ratu, Guha Lalay (Gua Lalai), yang terdapat di Sukabumi Jawa Barat. Tidak hanya itu, Sukabumi juga memiliki objek wisata lain yang menawarkan pesona yang begitu indah, antara lain Pantai Karang Hawu, Pemandian Air Panas, Cisolok. Pada awal Agustus lalu, Kelas Blogger mengunjungi objek-objek wisata tersebut.

Guha Lalay 

Guha adalah bahasa Sunda yang memiliki arti Gua dan Lalay memiliki arti kelelawar. Gua Lalay terdapat di desa Jayanti, Sukabumi. Gua tersebut berlokasi tidak terlalu jauh dari pantai selatan sehingga aroma dan angin lautnya masih terasa. Gua tersebut menjadi tempat tinggal kelelawar dan beberapa jenis hewan lainnya, seperti ular kobra, biawak, dan jenis hewan kecil lainnya.

Jpeg
Gapura Gua Lalay 

Pada malam hari gua tersebut dipenuhi oleh kelelawar namun, pada pagi hari kelelawar tersebut keluar dari gua dan kembali lagi pada sore hari. Saat kami (Kelas Blogger) mengunjungi lokasi tersebut pada siang hari sehingga kami tidak dapat menikmati pemandangan kelelewar yang memenuhi dinding gua.

 

P_20160806_132937
Mulut Gua Lalay

Gua Hanoman, Prabu Siliwangi dan Nyai Roro Kidul

Menurut cerita setempat, Gua Lalay ini pernah dikunjungi oleh Prabu Siliwangi dan Nyai Roro Kidul. Selain Gua Lalay, terdapat beberapa gua yang terdapat di lokasi yang sama, namun yang menjadi objek wisata yang paling sering dikunjungi adalah Gua Lalay. Beberapa gua tersebut antara lain adalah Gua Landak, Gua Manik, dan Gua Hanoman. Gua-gua tersebut sarat akan cerita mistik yang dipercaya oleh masyarakat setempat sampai saat ini.

P_20160806_135050
Salah satu gua yang terdapat di Gua Lalay

Pemandian Air Panas Cisolok

Piknik selanjutnya yang dilakukan oleh kami adalah mengunjungi dan menikmati objek wisata pemandian air panas yang terdapat di Cisolok. Selain menyuguhkan pesona alam yang indah, objek wisata terebut terdapat beberapa semburan air panas langsung dari perut bumi. Uniknya, semburan air terdapat di tengah-tengah aliran sungai, jadi pengunjung selain mandi air panas juga bisa mandi di sungai yang mengalir.

P_20160806_145238
Salah satu semburan air panas di Pemandian Air Panas Cisolok

Air panas yang menyembur memiliki aroma belerang yang memiliki khasiat tertentu dan dapat menyembuhkan beberapa penyakit kulit. Uniknya lagi, semburan air panas itu memberikan pemandangan yang begitu indah.

IMG-20160806-WA0024
Sebagian Tim #KelasBlogger di Pemandian Air Panas Cisolok 

Mobil Mandiri (Mandi Sendiri)

Sebuah pamandangan unik yang (mungkin) tidak terdapat di tempat wisata lainnya namun, ada di Pemandian Air Panas Cisolok. Pemandangan unik tersebut adalah mobil-mobil pengunjung yang diparkir di tempat yang tersedia dan tiba-tiba bersih ketika pengunjung akan pulang. Hal tersebut bukanlah sebuah keanehan bagi masyarakat setempat, namun menjadi keunikan bagi pengunjung yang baru pertama mengunjunginya.

Mobil-mobil pengunjung sengaja dicuci oleh penjaga parkiran setempat dengan upah seikhlasnya dan sewajarnya dari pengunjung yang memiliki mobil tersebut. Tidak perlu khawatir karena mobil-mobil dicuci selayaknya mencuci dan pencuci di tempat biasa.

Senja di Pelabuhan Ratu

Setelah penat dan bosan mandi air panas kami melanjutkan perjalanan, yaitu menikmati senja di Palabuhan Ratu. Pelabuhan Ratu adalah sebuah pelabuhan yang terdapat di pantai selatan Pulau Jawa. Pelabuhan tersebut juga menyajikan pesona yang eksotis. Deretan perahu dan kapal kecil menjadi sapuan mata ketika kami berdiri tepat di tepi pelabuhan itu.

P_20160806_175105
Senja di Pelabuhan Ratu 

Saat senja tiba, denyar air laut yang dipancari jingga senja menjadi pesona yang tidak dapat dilewati begitu saja. Kami menikmati senja dengan mata yang tak berhenti menyapunya. Hingga senja benar-benar pergi kami meninggalkan pelabuhan itu.

Debur Ombak Pantai Karang Hawu

Pesona alam selanjutnya yang kami kunjungi adalah Pantai Karang Hawu. Pantai tersebut juga termasuk pada objek wisata Palabuhan Ratu. Sebuah pantai yang menyajikan deburan ombak yang sangat indah dan memukau. Pantai yang berpasir putih kecoklatan dan terdapat hamparan batu hitam ini membawa pengunjung pada suasana yang sangat nyaman dan betah.

P_20160807_130219
Pantai Karang Hawu 

Selain hamparan pasir di tepinya juga terdapat bebatuan hitam yang membuat pantai tersebut semakin memesona. Hempasan dan benturan ombak pada bebatuan membuat mata tidak pernah lelah memandanginya juga menikmatinya. Sepoi angin pun melengkapi suasana dan pesona pantai tersebut.

P_20160807_120516
Debur ombak Pantai Karang Hawu 

Selain menikmati debur dan deras ombak pantai ini, pengunjung juga dapat menikmati segar buah kelapa muda yang dijajakan di tepi pantai. Pengunjung dapat memilih  ragam kelapa muda yang dijual di tepi pantai tersebut dengan disajikan langsung dengan kulit dan batok kelapanya. Keindahan Pantai Karang Hawu juga dapat dinikmati dari tepi jalan raya yang melintasi pantai. Jadi, selain menikmati pantai juga dapat menikmati segarnya air dan buah kelapa muda.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here