Pemandangan bawah laut Pulau Lengkuas, Belitung. (foto: Fauzy, pemandu wisata)
Pemandangan bawah laut Pulau Lengkuas, Belitung. (foto: Fauzy, pemandu wisata)

Bercengkerama dengan Ikan di Pulau Lengkuas. Masa kecil dulu di kampung halaman hampir tiap hari mandi dan bermain di sungai. Semakin besar arus airnya semakin asyik kami menikmatinya. Masa itu adalah masa yang akan terus diingat dan dikenang. Bermain dan berenang di sungai beda dengan berenang di laut, apalagi penuh dengan warna-warni ikan yang begitu memesona.

Salah satu pesona itu saya dapatkan ketika menyelam atau menikmati pemandangan bawah laut di Pulau Lengkuas, Belitung. Pulau itu merupakan salah satu pulau yang memamerkan keindahan dan keeksotisannya pada kita saat mengunjunginya. Pulau tersebut terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitng.

Pulau Lengkuas dapat dijangkau dari pantai Tanjung Kelayang dengan transportasi laut, yaitu perahu sekitar 30 menit. Selama perjalanan menuju Pulau Lengkuas kita akan disuguhi pemandangan laut biru dan pulau-pulau kecil yang di tengahnya terdapat pepohonan dan batu-batu granit yang berbentuk unik. Biasanya, setiap perahu yang membawa wisatawan ke pulau Lengkuas akan berhenti sejenak di tengah-tengah laut guna memberi kesempatan pada wisatawan mengabadikan keindahan pulau-pulau itu.

Keindahan bawah laut pulau itu membuat siapapun ingin berlama-lama memandangi dan menikmatinya. Kita akan bercengkerama langsung dengan beragam ikan yang sangat cantik. Bayangkan, hanya dengan wafer atau camilan ringan di tangan, maka ratusan ikan akan menyambar dan berebutan mengerubuti tangan kita.

Ikan-ikan di pulau itu dapat kita lihat dan saksikan keindahannya saat kita snorkeling dan diving, tapi bisa juga dari atas perahu dengan cara memberi makan ikan-ikan tersebut. Jika ingin berfoto dengan ratusan ikan tersebut, kita tinggal menyelam dan memberi makan ikan tersebut maka kita akan dikerubuti oleh ragam ikan yang sangat indah itu.

Salah satu tempat kece di Pulau Lengkuas, Belitung. (foto: Fauzy, pemandu wisata)
Salah satu tempat kece di Pulau Lengkuas, Belitung. (foto: Fauzy, pemandu wisata)

Keindahan lain yang dimiliki oleh Pulau Lengkuas tidak hanya pada pantai dan batu-batu granit saja, di sana terdapat sebuah mercusuar peninggalan Belanda sejak 1882. Mercusuar tersebut memiliki ketinggian 62m dan masih dipakai sampai sekarang. Setiap wisatawan yang ingin melihat Belitung dari ketinggian bisa menaiki mercusuar tersebut dengan melewati ratusan anak tangga di dalamnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here